Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Terbaru

5 Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Terbaru

Hai sobat gurukemendikbud.com kali ini ADMIN akan membahas 5 Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri - Kemendikbud memberikan kesempatan bagi setiap pendidikan di Indonesia untuk daftar implementasi kurikulum merdeka secara mandiri dan memilih tiga opsi sesuai dengan kesiapan sekolah baik Mandiri belajar mandiri berubah atau Mandiri berbagi.

Setelah melakukan pendataan kemendikbud akan memberikan angket pada satuan pendidikan isi dari angket ini tidak ada yang salah ataupun benar karena ditujukan untuk mengetahui kesiapan implementasi kurikulum merdeka.

Berikut Beberapa Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri

1. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Secara Bertahap

Dalam hal ini pemerintah melakukan strategi pendekatan kurikulum secara bertahap tujuannya untuk mengenalkan kesiapan berbagai dasar penentuan implementasi kurikulum merdeka dan memberi umpan balik secara berkala sekitar 3 bulan yang hasilnya akan dijadikan bahan untuk memetakan kebutuhan penyesuaian dukungan implementasi kurikulum mereka dari pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

2. Menyediakan Perangkat Ajar

Sekolah agar bisa mengimplementasikan kurikulum mereka dengan optimal pemerintah melalui tik menyediakan Perangkat ajar platform atau teknologi informasi dan komunikasi yang menyediakan beragam asesmen serta perangkat ajar seperti modul ajar buku teks contoh Project contoh kurikulum berbentuk digital yang bisa diakses melalui satuan pendidikan.

3. Pelatihan Mandiri Serta Sumber Belajar Guru

Kapan belajar bukan hanya digunakan untuk menyediakan bahan assesment maupun karakter tetapi memberikan pelatihan Mandiri serta sumber belajar guru contohnya video Atau lainnya yang bisa diakses secara daring melalui penyimpanan atau flashdisk.

Sekolah atau guru bisa mengikuti pelatihan mandiri melalui lembaga pendidikan yang menyediakan layanan pelatihan dan pendampingan sekolah melalui pelatihan mandiri guru bisa memiliki kompetensi mengajar yang lebih baik dan optimal serta lebih siap dalam menjalani kurikulum merdeka.

4. Menyediakan Narasumber Kurikulum Merdeka

Untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka sebaiknya terdapat pengawas atau narasumber untuk membimbing satuan pendidikan dalam kurikulum merdeka pemerintah membuat program sekolah penggerak guru penggerak yang nantinya menjadi narasumber kurikulum merdeka. pelaksanaan ini bisa dilakukan secara daring melalui webinar atau pertemuan luring yang diadakan di satuan pendidikan yang dilakukan secara tatap muka di suatu daerah atau satuan pendidikan

5. Memfasilitasi Pengembangan Komoditas Belajar

Strategi terakhir yaitu dengan memfasilitasi pengembangan komunitas belajar yang dibentuk oleh lulusan guru penggerak dan diinisiasi pengawas sekolah sebagai wadah untuk saling untuk saling berbagi praktik baik kurikulum merdeka,yang di selenggarakan satuan internal pendidikan atau lintas satuan pendidikan. Melalui strategi pengimplementasian kurikulum Merdeka jalur mandiri tersebut Kemendikbud bisa melihat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka pemerintah tentunya berupaya memberikan yang terbaik bagi satuan pendidikan serta mendukung implementasi kurikulum merdeka tersebut misalnya dengan menunjukkan platform mereka belajar dan menyediakan perangkat ajar bagi sekolah

Nah , Itulah yang dapat bagikan mengenai 5 Strategi Implementasi Merdeka Jalur Mandiri. Semoga bermanfaat

keyword search:

implementasi kurikulum merdeka belajar
pendaftaran implementasi kurikulum merdeka
kurikulum merdeka belajar sma
kurikulum merdeka belajar sd
kurikulum merdeka belajar pdf
contoh kurikulum merdeka belajar
apa itu kurikulum merdeka
kurikulum merdeka belajar sd pdf